Skip to main content

Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020


Banjarnegara – Bertempat di Aula Pangripta Mukti Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara, pada hari senin, 4 Maret 2019 telah diselenggarakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020. Acara dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Ir. Singgih Haryono. Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD Tahun 2020 sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, setelah sebelumnya pada Bulan Februari 2019 dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan di kecamatan.

Forum Konsultasi Publik dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat dan pemerintahan. Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara, Ketua STIE Taman Siswa, DPD Muhammadiyah, DPC Nahdlatul Ulama, Forum Anak, Dewan Pendidikan, Dewan Kesenian, dan unsur perangkat daerah. Forum Konsultasi Publik dilaksanakan untuk menerima saran dan masukan dari para peserta rapat atas rancangan awal RKPD Tahun 2020. Materi rancangan awal RKPD Tahun 2020 dipaparkan oleh Kepala Baperlitbang Mulyanto, S.Sos., M.Si dengan tema RKPD “Memantapkan Pembangunan Infrastruktur Guna Mendukung Inklusivitas Pembangunan dan Peningkatan Daya Saing Daerah”.  Pada tahun 2020, prioritas Kabupaten Banjarnegara diarahkan untuk pemantapan pembangunan infrastruktur daerah, percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan berbasis pada potensi unggulan daerah, serta pembangunan manusia melalui peningkatan SDM dan peningkatan pelayanan dasar.

Pada sesi diskusi, muncul beberapa permasalahan dan masukan dari para peserta rapat. Beberapa permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pembangunan diantaranya adalah pemberian bantuan yang dinilai masih belum tepat sasaran, degradasi nilai-nilai budaya di masyarakat, permasalahan lingkungan khususnya persampahan,  dan kualitas produk-produk UKM yang masih belum berorientasi ekspor. Pada kesempatan ini juga diberikan beberapa saran dan masukan untuk RKPD Tahun 2020 meliputi perlunya pemerintah melibatkan swasta dalam pembangunan, peningkatan peran PLKB dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk, internalisasi nilai-nilai budaya dan agama dalam kehidupan bermasyarakat, serta perlunya pemerintah mengintervensi sektor industri agar cepat berkembang. Setelah diskus selesai acara ditutup dengan penandatanganan berita acara Forum Konsultasi Publik.

Pengumuman

Jajak Pendapat

Menurut pengunjung, website ini sudah menyajikan informasi yang dibutuhkan

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (2 Kunjungan)
  • Kemarin (20 Kunjungan)
  • Total (19246 Kunjungan)

Link Terkait